BENNER

Selamat datang di blog kami salam service ac

Rabu, 07 November 2012

Tips Merawat Kompor Gas



Bagi kita yang bersahabat dengan dapur, kompor gas tampaknya bukan piranti yang asing lagi, sebab setelah konversi minyak ke gas, saat ini hampir disetiap rumah tangga sudah banyak yang mempergunakan kompor gas. Lalu bagaimana cara kita memperlakukan kompor gas agar supaya awet dan tahan lama? Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk merawat kompor gas dengan baik:
  • Untuk menjaga api tetap menyala biru, belilah gas pada distributor resmi Pertamina agar kualitasnya terjamin.
  • Periksa Kondisi Tabung Gas . Pada saat membeli gas jangan lupa untuk memilih tabung yang kondisinya baik. Jika perlu, perhatikan tanggal kadaluwarsanya.
  • Secara rutin anda harus memastikan selang gas agar jauh dari permukaan panas, tidak pada posisi tertekuk dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran.
  • Periksa selang secara teratur, bila terasa kaku segera ganti, Jangan sampai selang tertekuk, tertimpa, terjepit benda lain dan memastikan selang gas agar jauh dari permukaan panas, permukaan luar selang juga jangan terlihat retak-retak . Dan periksa juga klem sambungan dari selang, jangan sampai kendor. Jika terasa kendor segera kencangkan baut klemnya.
  • Supaya gas tidak bocor, selang yang untuk menyalurkan gas dari tabung ke pipa kompor harus dipastikan masuk sedalam mungkin dengan menggunakan selang karet.
  • Secara kontinyu periksa regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Pastikan regulator tersebut terpasang dengan benar. Tekanan yang ideal untuk kompor ada pada posisi low presure. Hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena berisiko terjadi ledakan.
  • Rutin membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa menusuk lubang dengan jarum atau dengan sikat supaya kotoran yang ada didalam lubang keluar. Karena kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah.
  • Mencuci bagian-bagian yang dilapisi Enamel atau krom dengan air sabun hangat atau deterjen yang non -abrasif. Setelah kering betul baru anda bisa memasang kembali lapisan enamel atau krom tersebut.
  • Untuk membersihkan tungku, lepas seluruh bagiannya. Lap dengan teliti satu persatu. Untuk bagian yang bergerigi sebaiknya menggunakan sikat plastik agar mudah menjangkaunya.
  • Jangan sesekali anda menyalakan api jika tidak ada alat memasak diatasnya, karena ini dapat menimbulkan bau gas dari api yang anda tinggalkan walaupun hanya dalam waktu 5 detik.
  • Tempatkan kompor pada ruangan yang berventilasi baik (ada angin yang berhembus masuk dan keluar dengan baik. Hindari letak kompor gas yang langsung berhadapan dengan lubang ventilasi, kondisi ini menyebabkan api kompor menyebar.
  • Jika anda sehabis memasak didapur anda harus membiasakan agar membersihkan kompor gas dengan menggunakan lap kering. Jika ada bekas makanan yang lama menempel dapat dibersihkan dengan lap basah diberi sabun. Setelah itu kompor dibersihkan kembali dengan lap kering.
  • Cara untuk mengatasi kebocoran tabung gas di rumah anda :
    1. Pada awalnya gas yang keluar dari tabung gas berbau. Anda tidak usah kuatirkarena gas yang keluar sudah ditambah odoran (semacam zat penimbul bau khusus) supaya kalau terjadi kebocoran anda lebih cepat untuk mendeteksi.
    2.Periksa bagian-bagian dari kompor gas dan tabung gas.
    Kebocoran dapat terjadi karena kompor tidak tertutup rapat,selang bocor, sambungan kompor dan tabung tidak rapat, regulator tidak bekerja dengan baik.
    3. Jika kebocoran sudah terjadi, carilah sumber yaitu dengan mengoleskan air yang bercampur dengan sabun. Apabila terjadi gelembung pada bagian tersebut maka dapat dipastikan terjadi kebocoran pada tempat itu.
    4.Gantilah pada bagian yang bocor tersebut.
    5. Apabila api sudah terlanjur menyala, matikan aliran gas dengan memutar kran kompor gas. Jangan menyemprot dengan air karena akan bisa menimbulkan ledakan. Sebaiknya gunakan karung yang telah dibasahi dengan air untuk menutup bagian yang terbakar tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar